Lumayan kaget kemaren pas buka Tweetdeck, ternyata di versi terbaru kalo mau ngeretweet udah bisa pake format RT. Semenjak Tweetdeck dibeli sama twitter, biasanya kan kalo mau retweet cuma ada 2 pilihan: Retweet yang gak bisa diedit (new retweet ) dan retweet yang bisa diedit, tapi formatnya pake tanda kutip, bukannya RT kayak di client-client twitter yang lain seperti Ubersocial.

Tapi semenjak dua hari yang lalu, pas tweetdeck update versi ke 1.3, tiba-tiba fitur RT nongol lagi. Kaget aja, soalnya kan sekarang tweetdeck itu miliknya Twitter, dan setau aku Twitter itu kayaknya anti banget sama retweet yang bisa diedit. Lihat aja pas buka twitter dari web, kalo mau ngeretweet jadi ribet, mesti kopas dulu tweet yang mau diretweet, trus nambahin kata "RT" didepan tweet -_- ribet amat kan. Bukan salah twitter juga sih, soalnya kan format retweet yang pake "RT" itu bukan diciptakan sama twitter. Itukan awalnya diciptakan sama pengguna, trus jadi kebiasaan.


Trus apakah ini artinya sekarang Twitter udah melegalkan format RT buat dipake kalo mau ngeretweet? Ato ini cuma inisiatif dari developer Tweetdeck gara-gara banyak complain terhadap format retweet yang susah di tweetdeck versi terdahulu. Entahlah, soalnya sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pihat tweetdeck atopun twitter. Tapi kalopun emang udah dilegalkan sama Twitter, kenapa di twitter versi web belum ada fitur retweet dengan format RT ya? Apa jangan-jangan twitter itu jaga image kali ya, takut dibilang menjilat ludah sendiri kalo si web twitter ada fitur kayak gitu?

Selain fitur RT, di Tweetdeck versi 3.1 ini juga dimasukkan fitur activity. Fitur yang sama yang bisa kita lihat di twitter versi web. Lebih mirip facebook ya? tapi buat yang hobinya stalking, pasti senang banget dengan adanya fitur ini di tweetdeck. Hihihi. (By: bungamesa)