Ketika ngedesain tema-tema, biasanya aku ditemanin sama software Notepad++ dan Google Chrome. Notepad++ buat kodingnya dan Google chrome buat preview dan ngecek detail-detail kesalahan pada theme. Loh kok bisa? Emang, mungkin blum banyak orang yang tau kalo di Google Chrome ada fitur yang namanya "Inspect Element" atau kalo pake Chrome bahasa Indonesia nama fiturnya "Periksa Elemen". Kegunaannya bisa buat ngecek apakah koding css kita udah benar? mulai dari ngecek margin, padding dll. Dan yang bikin aku seneng pake fitur ini adalah melalui chrome kita bisa mengubah kesalahan tersebut dan langsung bisa di preview. Asik kan? Fitur satu ini bisa diakses dengan cara klik kanan di halaman sebuah website, trus pilih "Periksa Elemen". Untuk lebih jelasnya bakal aku share dibawah ini

Misal kasusnya aku lagi ngedesain tema yang aku pake ini. Tapi logonya ternyata terlalu ke tengah. Aku pengennya agak ke samping kiri, biar di tengah bisa ku isi sama yang lainnya. Nah gimana caranya?

Untuk memudahkan kita, mari gunakan fitur "Inspect Element" di Google Chrome. Seperti yang udah aku bilang tadi, cara pake nya dengan klik kanan trus pilih menu Inspect Element ato Periksa Element. Untuk kasus ini, karena yang bakal kita edit itu adalah gambarnya, maka pas klik kanan pointer mouse diarahkan ke gambar. Setelah itu tampilannya bakal jadi kayak gini:

Perhatikan tabel yang disebelah kanan, di bagian style. Nah, keliatan kan kalo ternyata margin-left buat gambar logo tadi ternyata 250px, pantesan jadi agak ke tengah. Buat ngeditnya tinggal klik dua kali pada tulisan 250px, abis itu kamu bisa ubah sesuai keinginan kamu, misalnya 0px biar logonya jadi kesamping banget. Harus diingat bahwa ketika mengedit elemen di Google Chrome, tampilannya cuma buat preview saat itu aja.  Kalo mau perubahan yang permanen, ubah template blogger mu sesuai koding di Google Chrome tadi. Hasilnya kalo udah di ubah bakal kayak gini: 

Simpel kan? buat kamu yang lagi belajar koding dan css, cara ini sangat direkomendasikan karena dengan ini kamu bakal tau gimana sebuah elemen pada halaman web itu ditampilkan browser dan apa aja kegunaan-kegunaan elemen tersebut. Tetep berkreasi ya!